Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Penutup Turki Paling Lezat | Ragam Dessert Kuliner Turki

Makanan Penutup Turki Paling Lezat-Masakan Turki memiliki berbagai macam makanan penutup yang rasanya sangat lezat.

Diantara jenis makanan penutup khas Turki termasuk puding susu, kue-kue manis dan puding buah dengan berbagai jenisnya.
Makanan Penutup Turki Paling Lezat gambar / pastayemektarifi.com

Dessert atau makanan penutup khas Turki sering kali diberi topping dengan pistachio dan kacang-kacangan lainnya. Berikut ini adalah daftar beberapa makanan penutup Turki yang paling spesial.

Makanan Penutup Turki Paling Lezat

Manisan Chestnut

gambar / ankomakina.com


Sejak tahun 1300-an, orang-orang di daerah Bursa Turki telah menyajikan suguhan yang gurih dan lezat yang terbuat dari kacang chestnut ini. Caranya adalah dengan merebusnya dalam campuran yang diberi rasa manis. Hal ini lalu memunculkan cita rasa khas kuliner Turki yang luar biasa ini. 

Turkish Delight

gambar / yellali.com


Makanan manis tradisional Turki telah diproduksi selama lebih dari 500 tahun dan merupakan manisan yang Turki paling terkenal di dunia.

Hampir semua toko manisan menjual Turkish delight ini. Turkish delight ini dapat dibumbui dengan berbagai rasa. 

Ice Cream Maras 

gambar / alanyainstyle.com

Es krim Maras khas Turki ini tidak seperti eskrim yang  biasa anda kenal. Eskrim maras ini adalah es krim khas Turki yang terkenal di dunia dengan tekstur elastis.

Eskrim ini bisa molor tanpa terputus, berbeda dengan eskrim pada umumnya. Es krim ini bisa disajikan dengan pisau dan garpu.

Ingat ya, tidak semua eskrim yang dijual di Turki itu Maras semua. Ada Eskrim biasa yang harganya biasanya lebih murah.

Kalau eskrim Maras ini biasanya sedikit lebih mahal, namun rasanya cukup mantul benar. Anakku saja tiap jalan kalau ketemu pasti minta dibelikan.

Oh ya, eskrim di Turki kalau yang rasa buah, buahnya nendang ya. Memang yang digunakan buah asli, jadi rasanya kecut segar-segar gitu.

Marzipan

gambar / hr.tripnholidays.com

Marzipan adalah salah satu manisan khas Turki yang populer sebagai hidangan di istana Ottoman.

Marzipan telah diproduksi selama berabad-abad di Edirne, yang merupakan salah satu bekas ibu kota Kekaisaran Ottoman.

Baklava, Makanan Penutup Turki Yang Benar-benar Nutup


gambar /  pixabay.com

Baklava selalu menjadi primadona sebagai makanan penutup khas Turki. Hidangan penutup ini juga telah dikenal di seluruh dunia.

Baklava bertekstur renyah dengan rasa manis karena siraman sirup ringan yang terbuat dari gula, air, dan jus lemon. Hal ini membuatnya menjadi gurih dan nikmat.

Wah kalau ane disuruh milih makanan penutup Turki mana yang paling lezat, sampai saat ini pilihan ane senantiasa jatuh pada Baklava.

Memang rasa Baklava ini iconic banget. Kelezatannya legendaris kayak Gudek Jogja, Ayam Taliwang, atau Mie Aceh.

Kunefe, Makanan Penutup Turki Yang Ampuh

gambar / sofra.sg

Kunefe adalah kue keju tradisional Turki yang disiram dengan sirup manis. Makanan ini sangat populer di Turki terutama di kota Antakya yang terletak di daerah Mediterania.

Kunefe dianggap sebagai salah satu makanan penutup Turki paling lezat. 

Kazandibi

gambar /yemekresimli.com

Kazandibi adalah sejenis puding susu dengan campuran karame. Makanan ini menjadi masakan khas yang dimasak di dapur istana Ottoman.

Dan yang lebih mengejutkan, makanan manis ini dibuat dengan bahan dada ayam. 

Tavuk Gogsu


gambar / yemek.com

Tavuk Gogsu adalah puding yang sangat spesial dengan dada ayam. Ini adalah salah satu hidangan paling terkenal yang disajikan untuk para tamu di Turki. 

Sutlac


gambar / yettim.net

Sutlac adalah salah satu hidangan penutup tradisional khas Turki. Hidangan penutup ini dibuat dari bahan susu, yang juga dikenal sebagai puding beras. Sutlac adalah makanan penutup yang dingin dan ringan, dan memiliki rasa yang lezat. 

Asure


gambar / emaze.com

Asure adalah puding yang terbuat dari gandum, kacang-kacangan, buncis, buah-buahan dan kacang kering. Ini disajikan selama bulan pertama kalender Islam.

Asure adalah bagian penting dari tradisi kuliner di Turki.

Puas hanya tahu makanan Penutup Turki atau Dessert Turki yang paling lezat? Petualangan kamu kurang seru bos.

Ini baca lagi yang lebih seru yang bikin rasa kelaparanmu berontak: 50 Lebih Daftar Makanan Khas Turki Lengkap Yang Patut Anda Coba Saat Berkunjung Ke Turki

Kalau mampir ke Turki jangan lupa ya cobain makanan penutup Turki paling Lezat ini. Kalau tidak bisa semuanya, ane saranin incipin Baklava, Kunefe sama Lokum ya.